Pemkot Surabaya Gelar Penganugerahan Sekolah Adiwiyata 2018

By Admin

nusakini.com--Lingkungan Sekolah yang bersih dan sehat tentunya mendukung kegiatan belajar. Hari ini, Kamis (8/2) sebanyak 85 peserta perwakilan sekolah se-Surabaya menghadiri Penganugerahan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) tingkat SD dan SMP/Sederajat se-Kota Surabaya yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Ruang ATCS Gedung Pemerintah Kota Surabaya. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Musdiq Ali Suhudi dalam sambutannya menyampaikan Sekolah Adiwiyata ini merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2006 untuk Kabupaten/Kota di Indonesia, dengan harapan dapat mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam menjaga lingkungan hidup, pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dilakukan secara berkelanjutan di lingkungan sekolah. 

Musdiq menambahkan, dalam pelaksanakaannya evaluasi Program Adiwiyata ini dilakukan secara rutin sebanyak 2 kali pada awal tahun untuk menjaring Sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan pada 3 sampai 9 Januari 2018 serta di akhir tahun untuk mengevaluasi perkembangan sekolah Adiwiyata di Kota Surabaya. 

Menurut Musdiq, setelah dilakukan evaluasi pada sekolah-sekolah oleh Tim evaluasi. Maka telah terpilih beberapa sekolah yang mendapat penganugerahan sebagai Sekolah Adiwiyata di Kota Surabaya. Musdiq menghimbau untuk sekolah yang belum menerima penganugerahan untuk lebih meingkatkan potensi Adiwiyata di sekolahnya, sementara itu untuk sekolah yang menerima penganugerahan untuk dapat terus menjaga potensi Adiwiyata di sekolahnya. 

Setelah memberikan Sambutan, dilaksanakan penganugerahan penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya. Untuk tingkat Sekolah Dasar, SDN Tanah kali Kedinding 1 terpilih menjadi Juara 1 disusul oleh SD Islam Terpadu at-Taqwa dan SDN Gading V yang meraih Juara 2 dan Juara 3. Sementara itu untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama, Juara 1 diraih oleh SMPN 18 dan disusul oleh SMPN 54 sebagai Juara 2 dan SMPN 29 sebagai Juara 3. (p/ab)